Vagina Anda Kering ? Kenali Penyebabnya Dan Gunakan Obat Tradisional Untuk Mengatasinya

Diposting pada
vagina
Vagina kering

Organ kewanitaan merupakan area sensitif. Tak jarang beberapa wanita mengalami masalah dengan Miss V. Salah satu masalah yang cukup mengganggu adalah vagina kering. Karena pentingnya organ vital ini, maka Anda harus benar-benar memperhatikan kesehatannya dan segera mengobatinya bila terkena gangguan tersebut.

Tidak jarang seorang wanita mengeluhkan miss V kering dan gatal yang tentu saja membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Keluhan ini secara tidak langsung juga mempengaruhi aktivitas seksual yang dilakukan dengan pasangan karena miss V yang kering akan membuatnya sakit saat berhubungan intim. Selain itu, rasa gatal yang menyerang tentu saja membuat tidak nyaman. Keadaan ini bisa bertambah parah bila tidak segera diobati.

Inilah Penyebab Vagina Wanita Kering

Keadaan Miss V kering akan membuat tak nyaman saat melakukan hubungan intim dengan pasangan. Selain itu, rasa sakit juga timbul saat digunakan untuk buang air kecil, duduk, berdiri atau melakukan kegiatan lain. Hal ini mungkin normal terjadi untuk wanita yang sudah memasuki masa menopause. Namun, bagi wanita yang masih dalam masa subur atau produktif hal ini tidak wajar. Ada beberapa penyebab yang membuat organ kewanitaan vagina kering. Inilah penyebabnya.

  • Perubahan hormon

Hal yang menjadi pemicu utama vagina kering adalah karena penurunan estrogen saat pramenepouse ataupun menopause, saat menyusui dan setelah melahirkan. Selain itu pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi pada panggul juga dapat mengurangi cairan lubrikasi vagina.

  • Mengkonsumsi obat

Ada beberapa obat yang secara tidak langsung bisa menyebabkan vagina menjadi kering seperti obat asma, flu, alergi yang mengandung antihistamin. Cobalah hentikan pemakaiannya bila Anda merasa hal ini sebagai pemicunya dan konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat lainnya untuk mengatasi Miss V yang kering.

  • Kurangnya gairah

Hal yang sering terjadi pada vagina kering saat berhubungan intim adalah karena rendahnya gairah atau libido. Biasanya saat tidak mood bercinta, vagina akan kering dan sulit mengeluarkan lubrikasi alaminya. Untuk mendapatkan kenikmatan seksual, jangan lupa lakukan foreplay terlebih dahulu agar cairan lubrikasi keluar dan vagina tidak sakit karena kering.

  • Iritasi

Anda sering menggunakan sabun pembersih kewanitaan? Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena dapat menimbulkan vagina kehilangan pH alaminya dan menjadi kering. Hindari pemakaian sabun kewanitaan apalagi yang berparfum.

  • Kecemasan

Ternyata faktor psikologis juga berperan sebagai faktor terjadinya vagina kering. Rasa cemas membuat hormon kortisol muncul dan mengganggu hormon estrogen. Saat seorang wanita merasa cemas, aliran darah menjadi tidak lancar dan vagina menjadi kering. Oleh karena itu kurangilah rasa cemas dan cobalah untuk rileksasi.

Obat Tradisional Miss V Kering Yang Direkomendasikan

Membiarkan keadaan miss v kering akan sangat mengganggu sehingga Anda harus segera mencari solusinya. Bagi Anda yang tidak mau mengambil resiko dengan menggunakan obat kimia, Anda dapat mencoba menggunakan obat tradisional. Cobalah beberapa cara berikut ini untuk mengatasinya :

  • Minyak kelapa

Untuk mendapatkan cara yang aman dan mudah Anda dapat menggunakan minyak kelapa yang minim resiko karena tidak memakai bahan pengawet. Minyak kelapa ini akan berperan sebagai lubrikan di daerah sekitar miss V sehingga nantinya tidak kering dan sakit saat dipakai untuk berhubungan badan dengan pasangan.

Minyak kelapa ini juga berperan dalam mencegah dan mengobati infeksi karena jamur dan bakteri agar tidak berkembang dan lebih parah. Untuk menggunakannya Anda dapat menggosokkannya terlebih dahulu ke tangan sebelum digunakan. Jangan lupa untuk menggunakan minyak kelapa murni tanpa tambahan komposisi lainnya.

  • Lidah buaya

Biasanya kebanyakan orang menggunakan bahan ini untuk merawat kulit, rambut dan menyembuhkan luka. Namun ternyata tumbuhan lidah buaya ini memiliki pH yang lebih rendah dibandingkan air sehingga dapat dijadikan sebagai obat vagina kering. Di samping itu, vagina juga dapat mengurangi peradangan kulit kelamin dan anti bakteri.

Cara menggunakannya sangat mudah. Ambil gel lidah buaya, kemudian oleskan para area Miss V secara teratur. Lidah buaya ini mengandung Vitamin C dan E yang bagus untuk kesehatan kulit.

  • Minum banyak air

Ternyata seberapa banyak kita mengkonsumsi air juga dapat menjadi tolak ukur kadar kelembaban selaput lendir. Oleh karena itu, jagalah tubuh dengan terus menghidrasinya dengan meminum air dalam jumlah yang cukup. Minumlah air tidak hanya saat Anda merasa haus saja karena air sangat dibutuhkan dalam tubuh kita dan dapat mengatasi vagina kering.

  • Mengkonsumsi kedelai

Jika Anda mengkonsumsi kedelai dengan rutin, hormon estrogen yang ada di dalam tubuh dapat terjaga dengan baik, menjaga organ reproduksi wanita dan mengatasi keluhan vagina kering. Kedelai ini mengandung banyak zat penting dan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Jangan menunda untuk mencari solusi setiap permasalahan kesehatan yang timbul pada diri Anda. Saat Anda mengabaikan dan menundanya, bisa jadi penyakit itu bertambah parah dan menyebabkan penyakit lainnya timbul. Untuk kasus vagina kering ini, Anda juga harus merubah kebiasaan untuk tidak mengenakan pakaian dalam ketat. Pakailah pakaian dalam yang menyerap keringat dari bahan katun. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda.

Baca juga :

Cara mencapai orgasme menggunakan 8 posisi sederhana

Vagina Anda Kering ? Kenali Penyebabnya Dan Gunakan Obat Tradisional Untuk Mengatasinya 1