6 Faktor Utama Mengapa Istri Minta Cerai kepada Suami

Diposting pada 73 views
perceraian
perceraian

Faktor Utama Mengapa Istri Minta Cerai kepada Suami

Kebahagiaan seorang istri adalah hal yang menjadi tanggung jawab suami. Selain mencurahkan cinta dan kasih sayang, ada kebutuhan lain yang harus juga dipenuhi. Sebagai suami, Anda mungkin telah bekerja begitu keras untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Namun, terkadang hal itu tidak cukup memenuhi harapan dan keinginan sang istri. Parahnya, tidak sedikit dari mereka yang kemudian mengajukan gugatan cerai karena berbagai alasan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Mengapa istri minta cerai dan apakah penyebab utamanya?

Alasan Istri Minta Cerai Pada Suami

Perceraian sebenarnya merupakan hal yang dikhawatirkan terjadi. Bahkan banyak pemuda pemudi lajang yang enggan menikah karena takut terjadi perceraian. Sebagian besar alasan istri minta cerai pada suami adalah karena faktor ekonomi. Namun, ada juga alasan lain mengapa permasalahan tersebut bisa terjadi. Berikut ini diantaranya.

1. Kekurangan Financial
Seperti disebutkan di atas, masalah ekonomi adalah hal yang paling sering terjadi dan sering kita temui di sekitar. Hal ini menjadi salah satu alasan istri minta cerai pada suami. Dia merasa tidak mampu lagi hidup bersama suaminya dalam kondisi kekurangan.

Perekonomian di bawah rata-rata, bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari saja masih kurang. Banyak hutang dan permasalahan ekonomi lain yang datang bertubi-tubi. Hal inilah yang membuat istri hidup tertekan dan tidak bahagia. Akhirnya, dia meminta untuk bercerai dan meninggalkan kehidupan seperti itu.

2. Kekurangan Cinta
Penyebab lain istri minta cerai adalah adalah bahwa dia tidak merasa mendapatkan cukup cinta dan kasih sayang. Wanita merupakan makhluk yang lembut dan ingin selalu dimanja.

Kodratnya adalah ingin mendapatkan perhatian, cinta, kasih sayang dari suaminya. Jika dia tidak mendapatkan hal ini, hidupnya akan terasa kosong. Istri akan sering terlihat jenuh dan tidak bersemangat. Kekurangan cinta dari pasangan akan membuat seorang wanita sering kali bertindak emosional hingga berpikir untuk bercerai.

4 Cara Memuaskan Istri yang Kurang Bergairah dan Enggan Berhubungan Suami Istri

3. Tidak Dihargai
Berhati-hatilah dalam memperlakukan pasangan Anda. Perkataan yang mungkin dianggap sepele oleh suami bisa jadi melukai hati dan perasaan istri. Seorang wanita bisa sangat peka terhadap kata-kata yang diucapkan suaminya. Salah satu contoh adalah pertanyaan suami tentang kondisi rumah yang selalu berantakan.

Mungkin suami tidak benar-benar mengomentari kondisi rumah yang berantakan, namun istri yang sudah lelah bisa jadi menanggapinya dengan berbeda. Istri akan merasa tidak dihargai padahal mereka sudah bekerja sepanjang hari.

4. Sering Beda Pendapat
Perbedaan pendapat juga bisa menjadi penyebab kenapa istri minta cerai. Pernikahan yang dibangun dengan baik tidak bisa berjalan dengan baik pula. Setiap hari selalu ada pertengkaran antara suami istri meskipun hanya karena perkara sederhana.

Seringnya bertengkar karena perbedaan pendapat dan tak ada yang mau mengalah, membuat kondisi rumah terasa suram. Suami enggan berada di rumah dan istri pun tidak lagi mengharap kehadiran suaminya. Tidak heran jika pada akhirnya istri memutuskan untuk bercerai dengan alasan ketidakcocokan.

5. Suami yang Terlalu Posesif
Pada dasarnya, istri memang harus patuh dan taat kepada suami selama tidak diperintah untuk melakukan perbuatan tercela. Namun, istri juga seorang individu yang memiliki hak untuk merasakan kebebasan. Ada kalanya istri ingin hang out bersama sahabat atau sekedar berkumpul bersama.

Beberapa suami bersikap posesif dan tidak memberikan izin pada istrinya. Sang istri dilarang untuk melakukan aktivitas yang tidak diketahui suami. Semua hal harus seizin suami. Sikap yang terlalu mengekang ini bisa membuat istri tidak betah dan akhirnya minta cerai.

Cara Membahagiakan Istri Secara Lahir dan Batin

6. Suami Selingkuh
Perselingkuhan suami adalah alasan kenapa istri minta cerai yang paling umum terjadi. Hadirnya pihak ketiga diantara pasangan ini merusak pondasi pernikahan yang telah dibangun. Istri tidak lagi bisa menaruh kepercayaan pada suami. Suami telah menciderai kesetiaan dan hati istrinya. Tidak salah jika akhirnya sang istri meminta untuk bercerai.

Enam alasan mengapa istri minta cerai dari suami diatas merupakan pelajaran dan pengetahuan bagi kita semua. Di sini, kita bisa mengambil hikmah dari perceraian orang lain dan supaya dapat menghindarinya. Pernikahan bukan tentang dua orang pria dan wanita saja. Ada banyak pihak yang dilibatkan seperti orang tua, kehadiran anak, saudara dan lain sebagainya. Munculnya perceraian pasti akan menyakiti semua orang.