Ini Dia 10 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Vagina

Diposting pada

Kesehatan organ intim kewanitaan ditentukan oleh beberapa faktor. Selain faktor eksternal seperti kebersihan diri, juga faktor internal dari dalam tubuh. Salah satu faktor internalnya adalah nutrisi yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jangan dianggap sepele setiap makanan yang kita konsumsi karena beberapa makanan ternyata bermanfaat bagi kesehatan vagina.

10  Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Vagina  

Berikut ini merupakan daftar 10 makanan yang bermanfaat untuk kesehatan vagina : 

1.Sayuran hijau

Banyak yang tidak menyangka bahwa sayuran hijau sangat dianjurkan untuk wanita. Salah satunya adalah memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan vagina. Sayuran dengan warna hijau tua sangat bagus untuk membersihkan vagina dari dalam tubuh. Selain itu, sayuran juga berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Selain manfaat di atas, ada pula manfaat lainnya yaitu untuk pencegahan mengeringnya vagina. Sayuran hijau yang kaya vitamin E, magnesium serta kalsium memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan otot vagina sehingga rangsangan akan meningkat. Contoh sayuran hijau yang direkomendasikan a bayam, sawi, kale dan kangkung.

Apakah Keputihan Pada Vagina Berbahaya? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

2.Ubi jalar

Ubi jalar mungkin tidak sepopuler makanan lain. Namun ternyata ubi jalar memiliki manfaat yang sangat bagus bagi tubuh. Selain bagus untuk program diet, kandungan dalam ubi jalar mampu menjaga kesehatan vagina.

Salah satu kandungannya adalah vitamin A yang bermanfaat dalam melancarkan ekskresi urine serta menjaga keseimbangan produksi hormon. Tidak hanya itu saja, ubi jalar juga akan menyehatkan dinding rahim jika rajin dikonsumsi.

Kandungan beta karoten pada ubi juga bermanfaat dalam kesuburan reproduksi wanita. Bagi wanita penderita sindrom ovarium polikisik, ubi jalar sangat direkomendasikan.

Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Vagina
Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Vagina

3.Kedelai

Kedelai sejak lama dipercaya sebagai salah satu makanan yang sehat dimakan karena memberikan manfaat yang cukup banyak terhadap tubuh. Bagi kesehatan organ kewanitaan, konsumsi kedelai bisa mencegah kekeringan vagina terlebih pasca menopause.

Kedelai bisa dikonsumsi dalam bentuk tempe dan tahu. Pilihlah produk kedelai dengan proses yang minimal untuk tetap mendapatkan manfaat yang optimal.

4.Yogurt

Makanan satu ini selain enak ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan organ intim wanita. Karena kaya akan probiotik dan bakteri baik, yogurt bermanfaat dalam menjaga kestabilan tingkat keasaman pada vagina.

Yogurt berfungsi juga sebagai penangkal infeksi dari dalam tubuh. Bagi wanita yang sedang PMS, yogurt juga akan bermanfaat untuk meringankan gejala PMS yang terkadang menyiksa.

5.Makanan yang mengandung asam lemak

Lemak bukanlah sesuatu yang selalu buruk untuk kesehatan. Salah satu asam lemak bernama omega-3 ternyata justru dibutuhkan tubuh karena mampu menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu berkaitan dengan kesehatan organ intim wanita. Omega 3 mampu memperlancar sirkulasi sekaligus mengurangi kekeringan pada vagina.

Contoh-contoh makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi adalah salmon, kacang walnut, serta telur. Sebagai tambahan, minyak ikan juga bagus untuk mengurangi kram ketika menstruasi terjadi.

5 Cara Membuat Hubungan Seks Makin ‘Panas’, Tanpa Penetrasi ke Miss V

6.Apel

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi dan berperan penting dalam kesehatan vagina adalah buah apel. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menyatakan bahwa orang-orang yang memakan apel sekali dalam sehari secara rutin memiliki kehidupan seksual yang lebih baik. Kandungan dalam apel yang mampu meningkatkan gairah seksual serta orgasme yang baik bernama phgytoestrogen phloridzin.

7.Vitamin C

Vitamin C bagi tubuh utamanya berfungsi untuk melawan infeksi bakteri. Hal ini juga yang akan terjadi terhadap kesehatan vagina. Semakin banyak mengonsumsi vitamin C, maka kesehatan vagina akan terjaga karena infeksi vagina bisa dicegah. Salah satu sumber terbaik vitamin C adalah buah-buahan segar seperti jambu biji, nanas, jeruk dan strawberry.

8.Alpukat

Buah berwarna hijau ini memiliki manfaat yang bagus untuk menjaga kesehatan vagina. Kandungannya berupa lemak yang sehat, vitamin B-6 serta potassium akan bermanfaat untuk meningkatkan kadar estrogen serta mampu memperkuat dinding vagina.

9.Cranberries

Buah cranberries memiliki manfaat bagus untuk kesehatan tubuh termasuk masalah kesehatan organ intim pada wanita. Salah satu manfaat mengonsumsi cranberries adalah mampu mengurangi infeksi saluran kemih. Kandungan senyawa asamnya juga mampu mencegah infeksi akibat bakteri jahat. Salah satu cara menikmati buah dengan sejuta manfaat ini adalah dengan membuat jus cranberries.

10.Air putih

Daftar terakhir adalah air putih. Meskipun bukan kategori makanan, namun konsumsi air putih sangat baik bagi tubuh. Tidak hanya berfungsi untuk mencegah dehidrasi dan menyegarkan badan, namun air putih juga mampu untuk menjaga suhu di area kewanitaan agar tetap stabil. Pastikan setiap harinya meminum air putih yang cukup setidaknya 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi.

Demikian informasi mengenai makanan yang sarat akan manfaat bagi kesehatan vagina. Dengan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan vagina dan pola hidup yang baik, kesehatan vagina akan selalu terjaga kesehatannya.

Ini Dia 10 Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Vagina 1