Hati-Hati! Inilah 5 Penyebab Vagina Mengeluarkan Bau Tak Sedap

vagina

Pada dasarnya vagina memang memiliki bau khas. Namun, terkadang beberapa wanita sering mengalami masalah, yaitu vagina mengeluarkan bau berlebihan sehingga menyebabkan ia merasa terganggu dan minder. Apakah Anda salah satu wanita yang pernah mengalaminya?

Bau yang muncul di area kewanitaan biasanya muncul dengan aroma yang berbeda-beda. Saat wanita sedang mengalami siklus menstruasi maka bau vagina tersebut akan semakin menyengat. Namun apa jadinya jika seorang wanita mengalami vagina mengeluarkan bau yang menyengat, padahal ia sedang tidak dalam siklus menstruasi?

Penyebab Vagina Mengeluarkan Bau  

Inilah beberapa penyebab wajar yang sering kali membuat area kewanitaan mengeluarkan bau kurang sedap, antara lain:

  1. Salah memilih bahan celana dalam

Pemakaian celana dalam yang super ketat merupakan salah satu penyebab organ kewanitaan mengeluarkan bau tak sedap. Akibat celana yang super ketat, area kewanitaan akan mudah berkeringat dan lembab, hal inilah yang sering mengakibatkan area vagina mengalami gangguan bakteri dan jamur yang pada akhirnya akan beresiko timbulnya bau tak sedap dari area miss V.

  • Menggunakan vaginal douche

Vaginal douche merupakan sebuah teknik mencuci pakaian dalam, yang mana pada teknik ini biasanya wanita mencuci pakaian dalamnya dengan cara menyemprotkan air bersih yang sudah dicampur dengan cuka, baking soda, ataupun pewangi pakaian.

Meskipun tujuannya untuk membuat pakaian dalam menjadi wangi, namun nyatanya justru cara ini sangat tidak dianjurkan. Teknik mencuci dan membilas pakaian ini dapat meningkatkan risiko tumbuhnya bakteri dan infeksi pada area kewanitaan. Cara ini bisa menjadi pemicu area kewanitaan mengeluarkan bau tak sedap.

  • Membilas area kewanitaan dari belakang dan ke depan

Tahukah Anda, bahwa dalam membilas area kewanitaan pun ada tata caranya sendiri. Cara yang benar untuk membersihkan area kewanitaan yaitu dengan membilas area kewanitaan dari arah depan ke belakang (dari arah vagina ke arah anus). Namun sayangnya, masih banyak kaum wanita yang membasuh area kewanitaan dari arah belakang ke depan.

Hal inilah yang sebenarnya membuat area kewanitaan mengeluarkan bau. Sebab, menyeka dari bokong ke arah depan sama artinya dengan Anda menggiring bakteri yang Anda di anus ke area vagina. Inilah salah satu hal yang menyebabkan terjadi bau di area vagina Anda.

  • Jarang membersihkan area kewanitaan

Faktor yang dapat menyebabkan area kewanitaan, mengeluarkan bau kurang sedap yaitu jarangnya mencuci area kewanitaan atau kurangnya menjaga kebersihan vagina. Vaginamerupakan sebuah area sensitive seorang wanita yang mudah berkeringat dan lembab, jika area ini jarang dibersihkan maka efeknya ialah akan muncul bau-bau amis yang kurang sedap.

Sebenarnya untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, Anda harus rajin membasuhnya dengan air. Akan lebih baik lagi jika membasuhnya menggunakan air hangat agar bakteri-bakteri jahat yang ada di area tersebut pun akan mati.

  • Jarang mengganti pembalut

Ketika sedang mengalami menstruasi, area kewanitaan akan rentan mengeluarkan bau tak sedap. Terlebih jika malas untuk membersihkan atau mengganti pembalut, maka hal ini dapat membuat vagina mengeluarkan bau yang sangat amis.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami vagina yang mengeluarkan bau tak sedap, tak perlu khawatir karena di bawah ini ada beberapa cara ampuh secara alami yang akan membantu masalah Anda.

Cara Alami Menghilangkan Bau Pada Miss V

Berikut beberapa cara menghilangkan bau pada miss V dengan menggunakan bahan-bahan alami, antara lain:

  • Dengan daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun herbal yang memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan, salah satunya yaitu menghilangkan bau miss V yang tak sedap. Daun sirih ini terkenal memiliki kandungan euganol dan antiseptic yang sangat ampuh membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan bau di area kewanitaan.

Cara penggunaan daun sirih untuk menghilangkan bau tak sedap pada miss V sangat mudah. Pertama rebus 5 hingga 10 lembar daun sirih dengan  350 cc air. Setelah mendidih, biarkan hingga tersisa setengah dari jumlah awal.

Kemudian tunggulah hingga air menjadi hangat, dan gunakanlah air sirih tersebut untuk membilas area kewanitaan setiap pagi dan sebelum tidur. Untuk mengatasi area kewanitaan mengeluarkan bau secara maksimal, gunakan 3 kali dalam seminggu. Selain dapat menghilangkan bau pada vagina, penggunaan rebusan air daun sirih ini pun dapat membuat vagina Anda semakin wangi dan kesat. 

  • Dengan daun kemangi

Selain daun sirih, daun kemangi pun memiliki manfaat yang sama dalam menghilangkan bau pada area kewanitaan. Daun kemangi merupakan sebuah daun berkhasiat yang memiliki kandungan euganolyang mana dapat membunuh jamur dan bakteri penyebab miss v bau tak sedap. Di samping membunuh kuman di area kewanitaan, daun kemangi ini pun dapat membantu Anda untuk memiliki area kewanitaan yang selalu fresh, tidak kering, dan wangi.

Cara pengolahan daun kemangi untuk mengatasi vagina mengeluarkan bau tak sedap ialah sama persis seperti cara mengolah daun sirih di atas.  Sangat mudah dan praktis bukan?

  • Dengan daun pandan

Cara mengatasi bau vaginayang berikutnya ialah dengan menggunakan daun pandan. Pada umumnya, daun pandan sering digunakan sebagai bahan untuk pemberi rasa dan aroma pada masakan. Namun, siapa sangka kalau daun pandan pun memiliki khasiat lain yang luar biasa ampuhnya.

Sama halnya dengan daun kemangi dan daun sirih, daun pandan pun memiliki kandungan euganol, ditambah lagi pandan memiliki minyak atsiri yang dapat membuat vagina semakin wangi dan bersih.

Berbeda dengan cara sebelumnya, memanfaatkan daun pandan untuk menghilangkan bau pada area kewanitaan yaitu, tidak digunakan untuk membasuh area kewanitaan, melainkan untuk dikonsumsi.

Caranya yaitu dengan merebus daun pandan sebanyak 10 lembar, cuci hingga bersih lalu tumbuklah hingga halus. Jika sudah saring dan ambil sarinya. Untuk hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsinya selama 2 hingga 3 kali seminggu setiap pagi dan sebelum tidur. Dijamin pasti mantap hasilnya.

Demikianlah informasi mengenai penyebab bau vagina dan cara alami untuk mengatasinya secara tuntas. Semoga informasi di atas dapat membantu keluhan Anda segara.  

Baca juga :

Cara mengatasi vagina kering

Tags: