4 Cara Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Diposting pada 24 views
Perceraian
Cara agar dapat mengindari perceraian

Perceraian memang suatu hal yang diperbolehkan namun akan membawa luka mendalam bagi semua pihak. Keretakan rumah tangga yang berakhir pada perceraian harus segera dihindari. Jika Anda sebagai suami atau istri mengetahui adanya keretakan ini, sebaiknya segera berbenah diri supaya tidak berlanjut pada hal yang tak diinginkan. Anda dan pasangan harus mengetahui cara menghindari perceraian agar rumah tangga bisa selamat dan selalu bahagia.

Tips dan Cara menghindari Perceraian yang Tidak Diinginkan

Pernikahan selalu menjadi hal yang ingin dilakukan sekali dalam seumur hidup. Tidak ada orang yang ingin menikah kemudian bercerai, apalagi jika terjadi berulang kali. Maka dari itu, segala hal yang dilakukan selama berumah tangga sebaiknya adalah suatu hal yang positif. Ini akan menjadi hal terbaik sebagai cara menghindari perceraian.

Berikut ini adalah beberapa tips menghindari perceraian, diantaranya adalah :

1. Selalu Jujur
Sering kali sebagai suami atau istri, kita tidak bisa sepenuhnya jujur terhadap pasangan. Ada hal-hal tertentu yang ingin dipendam sendiri dan menjadi rahasia pribadi.

Dalam hal ini, Anda harus memahami masalah apa saja yang seharusnya dirahasiakan atau diungkapkan secara jujur. Tidak semua hal perlu dirahasiakan dan tidak semua kejadian harus diceritakan secara jujur.

Salah satu penyebab banyaknya perceraian yang terjadi adalah karena masalah ekonomi. Terkadang, suami tidak mampu memenuhi kebutuhan keuangan keluarga dengan cukup sehingga istri selalu merasa kekurangan.

Di sini, sebagai suami Anda seharusnya mampu berterus terang akan kondisi yang dialami. Jujurlah pada pasangan supaya dia bisa mengerti keadaan dan menguatkan Anda.

Selain itu, jika ada sesuatu yang kurang berkenan mengenai pasangan di mata Anda, segera ungkapkan dengan jujur. Misalnya jika istri Anda terlalu sering keluar rumah, katakan keberatan Anda dengan bahasa yang halus dan baik.

Jangan terlalu menekannya dan malah menimbulkan perselisihan. Setiap permasalahan hendaknya diselesaikan dengan pembicaraan yang baik dan kepala dingin. Dengan demikian, setiap pasangan bisa menghindari perceraian.

Tips dan Cara Menggoda Istri yang Sedang Marah

2. Saling Mengalah
Tidak ada sikap terbaik selain kemampuan untuk mengalah. Cara menghindari perceraian yang kedua adalah dengan menekan ego dan berusaha untuk mengalah. Pertengkaran antara suami dan istri bukan pertandingan untuk menentukan siapa yang menang atau kalah. Bahkan, jika Anda menjadi pemenangnya, keharmonisan rumah tangga Anda akan tergores. Suasana yang semula damai dan tenteram akan menjadi canggung dan suram.

Mengalah dalam pertengkaran rumah tangga bukan berarti Anda mengalami kekalahan. Anda malah akan menjadi pemenang karena mampu menguasai diri sendiri dan mempertahankan biduk rumah tangga. Sikap saling mengalah seharusnya memang dimiliki kedua belah pihak. Baik suami ataupun istri sudah sewajibnya saling mengalah agar kehidupan rumah tangga selalu harmonis. Dengan begitu akan mudah menghindari perceraian.

3. Mengutamakan Kepentingan Keluarga
Salah satu hal yang sering kali menyebabkan perceraian adalah ketika salah satu pihak tidak bisa memprioritaskan keluarganya. Mereka lebih memilih mengutamakan pihak luar diatas kepentingan keluarga. Hal ini sangat berbahaya dan bisa menjadi faktor perceraian.

Salah satu cara menghindari perceraian adalah dengan menjadikan keluarga sebagai tujuan utama dalam hidup. Anda bekerja, mencari nafkah, membanting tulang. Semuanya dilakukan untuk keluarga. Ketika Anda dirundung masalah, keluargalah tempat kembali. Sudah sewajibnya bahwa keluarga menjadi tiang utama.

Banyak suami yang terlalu sibuk bekerja dan melupakan bahwa anak istri juga membutuhkan perhatian. Mereka menyerahkan seluruh waktunya untuk mengurus pekerjaan dan melupakan family time. Adanya kesibukan tersebut seringkali membuat suami tak lagi perhatian terhadap keluarga. Sang istri kekurangan perhatian dan terjadilah perpecahan.

4 Cara Memuaskan Istri yang Kurang Bergairah dan Enggan Berhubungan Suami Istri

4. Menghindari Sikap Egois
Cara menghindari perceraian yang paling utama adalah menghindari adanya sikap egois. Sikap egois adalah memaksakan kehendak dan pendapat sendiri tanpa memperhatikan pendapat pasangan. Egoisme hanya akan menyebabkan pertengkaran. Dengan demikian, Anda akan merasa tidak cocok lagi dengan pasangan.

Dalam hal ini, sikap egois harus diredam. Sikap selalu menang sendiri harus dibuang jauh-jauh. Anda tidak akan bisa mempertahankan rumah tangga jika masih memiliki sikap seperti ini. Percekcokan sepele akan berakhir menjadi pertengkaran dan berujung perceraian.

Perceraian adalah hal yang paling ingin dihindari siapapun. Meskipun tidak selalu berjalan mulus, namun semua pasangan suami istri pasti ingin rumah tangganya awet. Cara menghindari perceraian di atas bisa Anda jadikan referensi dan tambahan pengetahuan. Setidaknya, hal-hal tersebut diatas akan membantu Anda menjalani rumah tangga damai, tentram dan menenangkan.