Apakah Vagina Seorang Wanita Memiliki Ukuran Yang Sama?

Diposting pada
Apakah Vagina Seorang Wanita Memiliki Ukuran Yang Sama? 1
vagina
vagina

Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang memiliki fungsi sebagai jalur keluarnya bayi saat lahir dan sekaligus jalan keluarnya darah menstruasi. Seperti halnya organ tubuh lainnya, ukuran vagina pun berbeda-beda. Selain itu, organ kewanitaan juga memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda.

Pernahkah kamu berpikir tentang ukuran normal vagina bagi seorang wanita? Daripada kamu penasaran, yuk cek selengkapnya di rangkuman di bawah ini.

Inilah Pengertian Ukuran Vagina Berdasarkan Sebuah Penelitian

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh International Jurnal of Obstetric and Gynaecology, ukuran alat vital pada wanita memiliki kedalaman ialah mencapai 3,77 inci atau setara dengan 9,6 sentimeter.

Sedangkan, untuk ukuran vagina di atas rata-rata, biasanya kedalamannya bisa mencapai sekitar 7 inci atau setara dengan 17,7 sentimeter. Ukuran dari vagina ini pun mempengaruhi tampilan dari bentuk vagina itu sendiri.

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa organ intim kewanitaan, merupakan sebuah saluran intim yang menghubungkan rahim, leher rahim, dan bagian terluar organ seks seperti vulva. Ukuran dan tampilan vulva sendiri pun berbeda-beda pada setiap wanita. Di samping itu, vulva pun memiliki warna yang sama dengan kulit bagian tubuh lainnya atau bahkan lebih gelap dari itu.

Di dalam organ intim wanita itu sendiri, pada umumnya terdapat sebuah jaringan mukosa yang terdiri dari sel-sel khusus yang mengeluarkan cairan pelumas. Cairan pelumas inilah yang membantu dinding-dinding vagina merenggang dan berubah ukurannya.

Di bawah ini ada beberapa bagian dari vagina yang memiliki ukuran yang berbeda-beda, berikut penjelasan selengkapnya.

Labia Minora
vagina
vagina

Labia Minora merupakan salah satu bagian organ intim wanita yang biasa disebut dengan bibir vagina bagian dalam. Pada umumnya, labia minora ini memiliki ukuran lebih kecil dan mengelilingi lubang vagina. Labia Minora itu sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu kanan dan kiri. Rata-rata lebar labia minora sebelah kiri ialah sekitar 2,1 sentimeter, sedangkan untuk bagian sebelah kanan rata-rata ukurannya sekitar 1,9 sentimeter, dengan variasi antara 0,3 hingga 7 sentimeter.

Tidak hanya lebarnya, panjang dari labia minora pun bervariasi. Untuk labia minora sebelah kiri panjangnya sekitar 4 sentimeter, dengan variasi antara 1,2 hingga 7,5 sentimeter. Untuk panjang rata-rata labia minora sebelah kanan rata-rata bisa mencapai 3,8 sentimeter, dengan variasi 0,8 – 8 sentimeter.

Labia Majora

Labia Majora merupakan bagian dari organ intim wanita, yang memiliki nama lain bibir vagina bagian luar. Panjang rata-rata labia majora ini dapat mencapai 8,1 sentimeter dengan variasi 4 hingga 11,5 sentimeter. Dengan bertambahnya usia seorang wanita, ukuran vagina bagian labia minora maupun labia majora akan mengalami perubahan yaitu semakin mengecil dan mengendur.

Klitoris  

Sama halnya seperti ukuran labia minora dan labia majora, setiap wanita pun memiliki ukuran klitoris yang berbeda. Rata-rata ukuran klitoris wanita ialah sekitar 0,8 sentimeter dengan variasi 0,2 hingga 2,5 sentimeter. Sedangkan untuk panjang rata-ratanya yaitu sekitar 0,8 sentimeter, dengan variasi 0,2 hingga 2,5 sentimeter.

Klitoris ini merupakan salah satu bagian dari vagina yang memiliki ukuran menarik. Pada umumnya, klitoris seorang wanita yang sudah menikah akan terus mengalami perubahan ukuran. Perubahan ukuran tersebut sesuai dengan seberapa sering ia mencapai orgasme saat melakukan hubungan intim dengan pasangannya.

Saat seorang wanita mengalami orgasme saat berhubungan sex, maka secara otomatis ukuran klitorisnya akan menjadi lebih besar. Namun, hal ini tidak berlaku pada klitoris seorang wanita yang mencapai orgasme dengan cara lain seperti masturbasi.

Liang Vagina

Kedalaman liang vagina seorang wanita dapat mencapai rata-rata hingga 9,6 sentimeter, dengan variasi 6,5 hingga 12,5 sentimeter. Sementara, untuk lebar liang vagina wanita rata-ratanya tergolong berukuran kecil yaitu sekitar 2,1 sentimeter. Dengan ukuran ini biasanya seorang wanita akan merasa nyeri setiap kali berhubungan intim dengan pasangannya.

Menariknya lagi, bahwa ukuran kedalaman dan lebar dari liang vagina ini dapat berubah-ubah saat wanita melakukan hubungan seks dan melahirkan. Ukuran liang vagina dapat dikatakan normal jika seorang wanita tidak mengalami keluhan dan nyeri pada saat berhubungan intim.

Mengapa Vagina Dapat Mengalami Perubahan Ukuran?

Ukuran vagina memang berbeda-beda dan dapat mengalami perubahan. Namun, tidak semua wanita mengalami perubahan ukuran ini. Umumnya, seorang wanita yang mengalami perubahan bentuk vagina adalah wanita yang sudah menikah atau sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Perubahan bentuk dan ukuran vagina disesuaikan dengan seberapa sering ia melakukan hubungan dengan pasangannya. Jadi, vagina ini dapat meregang dengan tujuan agar dapat menyesuaikan penyisipan penis atau tampon. Oleh sebab itu, ukuran dari organe intim wanita pun dapat berubah.

Saat seorang wanita sedang bergairah maka darah yang mengalir ke vagina akan lebih banyak dari sebelumnya. Hal inilah yang menyebabkan vagina akan berubah menjadi memanjang dan bagian serviks pun akan sedikit terangkat. Hal inilah yang membuat penis dapat mudah masuk ke liang vagina saat berhubungan seks.

Jadi, jika kamu bertanya, apakah normal seorang wanita mengalami perubahan bentuk dan ukuran vagina? Jelas, hal itu sangat normal dan wajar. Tanpa adanya perubahan ukuran maupun bentuk maka justru akan terjadi masalah yang serius saat seorang wanita dengan pasangannya melakukan hubungan seks. Demikianlah informasi mengenai ukuran vagina wanita yang berbeda-beda dan mengalami perubahan. Semoga informasi di atas dapat menjawab rasa penasaranmu mengenai ukuran bagian kewanitaan yang bervariasi.

Apakah Vagina Seorang Wanita Memiliki Ukuran Yang Sama? 2