7 Cara Menghadapi Masalah Rumah Tangga Agar Istri Tidak Minta Cerai

Diposting pada 97 views
menghindari perceraian
Agar Istri Tidak Minta Cerai/pixabay

Rumah tangga merupakan hubungan kerja sama antara pihak suami dan istri untuk membangun sebuah keluarga yang tentram, damai dan sentosa. Pada prakteknya, urusan rumah tangga tidak selalu lancar. Pasti ada halangan dan rintangan di perjalanan yang akan membuat perahu rumah tangga sedikit oleng. Permasalahan dalam rumah tangga adalah suatu hal yang biasa. Semua pasangan pasti mengalaminya. Namun, bagaimana caranya supaya permasalahan dalam kehidupan berkeluarga bisa diselesaikan dengan bijak dan agar istri tidak minta cerai? Anda harus membaca informasi berikut ini.

Tips Agar Istri Tidak Minta Cerai Ketika Bertengkar

Istri yang bijak dan sabar tidak akan dengan mudah meminta cerai meskipun mengalami permasalahan besar. Akan tetapi, beberapa wanita mungkin masih memiliki sifat kekanakan dan kurang dewasa. Sering kali mereka tidak berpikir panjang jika hendak memutuskan sesuatu. Pertengkaran sepele bisa menjadi area peperangan ketika menghadapi tipikal istri seperti ini. Bagaimanakah cara mudah menghadapinya supaya istri tidak minta cerai?

1. Redam Amarah
Menghadapi perdebatan tidak selalu diiringi oleh pertengkaran. Di sini, Anda dituntut untuk lebih bersabar dan mampu meredam amarah sebesar apapun. Kemarahan hanya akan menyebabkan permasalahan semakin besar. Ibaratnya, kobaran api disiram dengan bensin. Akan semakin menyala-nyala besar apinya.

Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk meredam amarah. Dalam hal ini, Anda berusaha agar istri tidak minta cerai atau mengucapkan kata cerai dengan mudah. Tipsnya adalah berganti posisi ketika marah.

Jika Anda marah dalam kondisi berdiri, maka segera duduklah. Jika amarah datang saat Anda sedang duduk, maka berbaringlah. Jangan lakukan sebaliknya karena hal itu hanya akan semakin menyulut emosi.

Inilah 5 Alasan Mengapa Seks Penting dalam Rumah Tangga.

2. Tidak Berkata Kasar
Jangan berkata kasar pada istri! Semarah-marahnya Anda pada mereka, hindari penggunaan kata-kata kasar yang bermakna menghina, melecehkan atau merendahkan.

Istri adalah seorang wanita yang hatinya amat peka. Mereka sangat mudah tersinggung dengan perkataan, apalagi jika kata-kata yang diucapkan suaminya sangat kasar dan tidak pantas.

3. Tidak Main Tangan
Sikap kasar yang ditunjukkan suami menjadi pembenaran bagi istri untuk mengajukan perceraian. Di samping itu, memukul bukanlah tindakan seorang suami bermartabat. Anda tidak akan terlihat berkuasa hanya karena bisa memukul istri terlepas apapun masalahnya.
Jika memiliki kebiasaan main tangan atau memukul, segera hentikan sebelum Anda benar-benar kehilangan istri. Main tangan adalah hal yang paling harus dihindari agar istri tidak minta cerai.

4. Bicarakan Baik-baik
Bicara empat mata dengan kondisi kepala dingin untuk mengatasi permasalahan rumah tangga adalah cara paling bijak dan cerdas. Tidak perlu menggunakan nada tinggi apalagi harus baku hantam. Segala persoalan bisa diselesaikan dengan bicara baik-baik. Jika rumah tangga dilanda masalah, segera diskusikan dengan pasangan. Jangan dibiarkan berlarut-larut hingga makin runyam dan tak bisa lagi diselesaikan.

Ini 5 Topik Obrolan yang Dapat Membantu Hubungan Seks Lebih Berkualitas

5. Bersikap Dewasa dan Bijak
Sikap dewasa dan bijak mutlak harus dimiliki seorang suami. Kedua karakter inilah yang akan menjadi penuntun hidup tenang dan damai dalam rumah tangga. Kedewasaan seorang pria terlihat dari cara berpikirnya. Bagaimana dia menanggapi hingga menghadapi permasalahan apapun. Selain menghindarkan agar istri tidak minta cerai. sikap dewasa suami akan membimbing dan mendidik para istri.

6. Beri Pemahaman pada Istri tentang Hakikat Perceraian
Agar tidak menjadi kebiasaan, ucapan kata cerai harus dipahami maknanya. Istri harus dididik dan diberi pemahaman secara mendalam mengenai hakikat perceraian. Hal ini bertujuan agar istri tidak menjadikan perceraian sebagai senjata jika tersudut dalam permasalahan rumah tangga. Bagaimana beratnya perceraian dan semua konsekuensi yang harus diterima setelah perpisahan. Hal ini harus dicamkan oleh istri.

7. Perbanyak Berdoa
Perbanyak berdoa kepada Tuhan supaya diberi kekuatan menghadapi istri yang mudah mengucapkan permintaan cerai. Lakukan hal ini sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan Anda masing-masing.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam menghadapi permasalahan rumah tangga dan agar istri tidak minta cerai dengan mudahnya. Pastikan semua permasalahan segera selesai dan tidak menyisakan pertanyaan lagi. Demi rumah tangga yang tentram dimana anak-anak tumbuh dengan baik, kondisi baik harus diciptakan. Tentunya hal ini membutuhkan kerja sama suami istri secara berkesinambungan.